header-int

TOT PENGELOLAAN ZAKAT DAN WAKAF

Senin, 29 Apr 2019, 16:58:13 WIB - 80 View
Share
 TOT  PENGELOLAAN ZAKAT DAN WAKAF

JEMBER, 24/04/2019, Dalam upaya meningkatkan kualitas dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Jember, Dalam dua hari penuh, Rabu dan Kamis, 24-25 April 2019, dosen FEBI IAIN Jember, Dr. Khoirunisa Musari, M.F. Hidayatullah, M.S.I., Nikmatul Masruroh, M.EI, Nur Hidayat, M. Si, Rini Puji Astuti, M. Si. , Aprilya Fitriani, MM, dan Nur Alifah Fajariyah, M. Si dikirim untuk mengikuti TOT (Training of Trainers) yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IAEI Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Timur c.q KPwBI Jember, dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Jember di kampus Universitas Jember. Berbagai materi tentang zakat, wakaf dan ekonomi mikro dikaji dan dipaparkan oleh para pemateri. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta dari 16 kampus di sekitar Wilayah Tapal Kuda atau Besuki Raya dan sekitarnya, yaitu FEBI IAIN Jember, FEB Unmuh, Universitas Nurul Jadid, STIE Mandala, IAI Syarifuddin Lumajang, UNMU Surabaya, PPTQ Ar-Rahmah Lumajang, INZAH Genggong, IAI Tribakti Kediri, IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi, IAIDA Blokagung, IAI Sunan Giri Bojonegoro, LAZDA Rizki, BAZNAS Jember, Universitas Islam Jember, dan Universitas Jember.

“Meskipun perkembangan zakat dari sisi penghimpunan senantiasa meningkat, namun peningkatan tersebut masih terhitung kecil dibandingkan dengan potensi zakat yang beberapa tahun lalu disampaikan sebesar 271 trilyun per tahun”, demikian disampaikan oleh Raditya Sukmana. “Pengelolaan zakat secara professional diharapkan dapat menghimpun zakat semakin mendekati potensi tersebut,” Raditya Sukmana menambahkan. Sebagaimana diketahui, potensi zakat secara nasional sangat besar, 271 trilyun. Hanya saja hingga saat ini potensi tersebut belum tergali dengan maksimal, baru terkumpul sekitar 6  trilyun. Untuk itu, TOT bagi para dosen menjadi sangat penting. Diharapkan para dosen peserta dapat menyampaikan potensi dan menggerakkan mahasiswa serta masyarakat untuk dapat memahami dan mengelola zakat secara professional, sehingga potensi zakat tersebut dapat segera tergali secara maksimal. Bagi para dosen FEBI IAIN Jember, peningkatan pemahaman tentang zakat dan wakaf menjadi lebih penting, mengingat di kampus ini, memiliki program studi Manajemen zakat dan Wakaf. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan jaringan kampus yang memiliki kepedulian untuk mengembangkan pengelolaan zakat dan wakaf.

Narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan TOT ini adalah para pakar di bidangnya: Raditya Sukmana, PhD, (dosen Unair Surabaya), Dian Masyita, Ph.D dan pemateri dari Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia (mfh).

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember Follow Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube