header-int

DISKUSI PUBLIK, KOLABORASI EMPAT INSTANSI MENGATASI KEMISKINAN DENGAN DANA ZAKAT

Selasa, 10 Des 2019, 08:59:37 WIB - 106 View
Share
DISKUSI PUBLIK, KOLABORASI EMPAT INSTANSI MENGATASI KEMISKINAN DENGAN DANA ZAKAT

“Selamat datang kepada ketua FOZ Jawa Timur, Mas Kholaf Hibatullah dan semua ketua-ketua Lembaga Amil Zakat se-Jember di Fakultas Ekonomi dan Bisnsi Islam (FEBI) IAIN Jember. Kampus warisan Ulama, karena didirikan oleh para Ulama.” Demikian Dekan FEBI, Dr. Khamdan Rifa’i mengawali sambutannya dalam “Diskusi Publik: Kolaborasi Pemberdayaan Zakat Untuk Pengentasan Kemiskinan” yang diadakan pada Selasa pagi, 3 Nopember 2019 di AULA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember. Bapak Khamdan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta yang telah memilih AULA FEBI sebagai tempat kegiatan ini.

Diskusi Publik kali ini menghadirkan empat nara sumber: ketua Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Jember (M.F. Hidayatullah), Ketua FOZ Jawa Timur (Kholaf Hibatullah), CEO Suara Indonesia (Imam Haironi), dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kab. Jember (Hendro Sasongko). Kolaborasi empat instansi ini diharapkan akan dapat mempercepat pengentasan kemiskinan di Jember.

Terlebih lagi, sebagaimana disampaikan oleh CEO Suara Indonesia, Bapak Imam Haironi dalam paparannya, “Jember merupakan kabupaten kedua termiskin di Jawa Timur setelah Malang, karena itu keberadaan LAZ sangat penting membantu mengurangi kemiskinan di Jember.” Karena itu, sebagaimana mas Kholaf “Tidak hanya di masjid-masjid dan mushallah, saat ini literasi zakat juga mesti dilakukan di kafe-kafe dan tempat keramaian yang lain.” Dengan kolaborasi akademisi, Lembaga zakat, pemerintah dan media massa, insyallah kegiatan pengentasan kemiskinan di Jember akan semakin cepat terrealisasikan.

Kaprodi Manajemen Zakat Dan Wakaf, M.F. Hidayatullah dalam paparannya, “Prodi Manajemen Zakat Dan Wakaf, memiliki tugas menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tri dharma perguruan tinggi ini dapat dikolaborasikan dengan kerja Lembaga-lembaga zakat. Kami siap mendidik dan menyiapkan SDM (Sumber Daya manusia) bagi LAZ (Lembaga Amil Zakat) dan BAZNAS Badan Amil Zakat.” Hidayatullah melanjutkan, ”Alhamdulillah, untuk menyiapkan SDM ini, kegiatan yang sudah berjalan, Mahasiswa-mahasiswa Prodi Manajemen Zakat Dan Wakaf tidak hanya belajar teori di rang-ruang kelas, namun mereka belajar langsung di lembaga-lembaga zakat, dan menjadi relawan bagi LAZ dan BAZNAS. Kedepan, dengan adanya MoU ini, kegiatan lapangan ini akan kami tingkatkan, dan insyallah akan meningkatkan kualitas SDM yang kami siapkan.” Wadek 1 FEBI, Dr. Abdul Rokhim mengapresiasi kegiatan kolaborasi FEBI ini, dan berharap kegiatan ini secara regular dapat dilangsungkan, sehingga akan dapat memberikan nilai positif bagi kampus, dan instansi yang terlibat.

Sebagai praktisi media massa, Imam Haironi menjelaskan, “Media Masa memiliki peran penting untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap Lembaga Amil Zakat, serta mensosialisasikan berbagai kegiatan UPZ, LAZ dan BAZNAS. Sehingga masyarakat sadar, dan tergerak untuk berzakat, infak dan sadaqah.” Imam Haironi menutup penjelasannya dengan komitmen membantu mensosialisasikan gerakan zakat, “Kami siap bekerja sama dengan semua LAZ dan BASNAS untuk literasi dan menyuarakannya kepada masyarakat global.” Imam Haironi sendiri, merupakan alumni STAIN Jember yang telah bergelut lama di dunia media masa, dan berhasil menjadi CEO Suara Indonesia.

 Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilangsungkan pelantikan pengurus FOZ Jember terpilih, Bapak Sugiono oleh Ketua FOZ Jawa Timur, Kholaf Hibatullah, serta penandatanganan kerjasama/ memorandum of understanding (MoU) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember  dengan FOZ Jember dan FOZ Jawa Timur. Kerja sama ini, akan semakin memperkuat sinergisitas dunia akademis/FEBI IAIN Jember dengan Lembaga lembaga zakat, serta semakin memperkuat pemberdayaan masyarakat di wilayah Jember.

Diskusi public kali ini dihadiri para pimpinan Lembaga Amil Zakat se Jember, di antaranya Yatim Mandiri, Pimpinan LazisNU, YDSF, LAZ Rizki, ACT Global zakat dan Global wakaf, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), LAZ Azka al-Baitul Amien,  LAZ Nurul Falah, serta pengurus UPZ IAIN Jember, beberapa pengurus masjid dan mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Jember. (emefha/febiiainjember).

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube