header-int

DISTRIBUSI ZAKAT

Senin, 27 Mei 2019, 15:36:00 WIB - 61 View
Share
DISTRIBUSI ZAKAT

Jumat, 24 Mei 2019. Pagi itu tepatnya pukul 08.00, sekitar 100 orang sudah berkumpul, duduk rapih di AULA IAIN Jember. Mereka para mustahik zakat yang diundang oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Jember untuk menerima zakat. Tampak beberapa mahasiswa Program Studi Manajmen Zakat dan Wakaf nampak hilir mudik mengecek persiapan kegiatan pendistribusian zakat. Sebagian yang lain dengan ramah menyalami dan mempersilahkan tamu undangan yang baru hadir untuk duduk di kursi yang tersedia. Kegiatan sendiri baru dimulai pukul 08.15 ketika Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM menyempatkan hadir untuk memberikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut. Datang bersama Rektor,  wakil  Rektor 2, Bapak Dr. Moch. Chotib dan wakil Rektor 3, bapak Dr. Hepni Zein, yang disambut hangat oleh Dekan FEBI Bapak Dr. Khamdan Rifai yang sudah hadir lebih dulu di AULA. Tampak beberapa pejabat di lingkungan FEBI juga hadir untuk ikut menyaksikan dan memebri dukungan untuk suksesnya kegiatan, di antaranya: Kabag FEBI (Bapak Dr. Imam Turmudi), Kasubag Akademik (Bapak Drs. H. Mawardi), Kepala laboratorium (Bapak Toton Fanshurna, M. EI), Kaprodi Perbankan Syariah (Ibu Hj. Nurul Setianingrum), dan tentunya Kaprodi Manajemen zakat dan Wakaf (Bapak M.F. Hidayatullah, MSI) dikuti beberapa dosen FEBI yang lain.

Dalam sambutannya, Dekan FEBI, Dr. Khamdan Rifai mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Rektor IAIN Jember, yang berkenan hadir dalam kegiatan ini. Dalam sambutan pembukaan, bapak Khamdan melaporkan, “Alhamdulillah pada tahun ini kami berhasil mengumpulkan dana zakat sebesar 25 juta. Kami mengundang 100 orang mustahik zakat di sekitar kampus. Sebagian dana zakat juga kami bagikan kepada mahasiswa yang berhak. Mereka kami perioritaskan, karena merekalah yang selama ini dekat dengan kita.” Bapak Khamdan menambahkan, “Potensi zakat sangat besar, kami berharap ke depan terkumpul dana zakat yang lebih banyak, sehingga zakat yang kami bagikan menjangkau masyarakat yang lebih luas. Kita juga akan kelola zakat (maal) secara produktif untuk kemaslahatan ummat.”

Kegiatan pembagian zakat sudah dilakukan sejak tahun kemarin (2018). Sebagian besar dana dikumpulkan dari  mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan FEBI oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) FEBI. UPZ  juga menerima zakat yang berasal fakultas lain. Untuk itu dalam sambutan pembukaan, setelah memberikan apresiasi atas kegiatan UPZ FEBI yang sudah menghimpun dana zakat dan menyalurkan untuk masyarakat sekitar kampus, Rektor juga menyampaikan, “Saya ingin tahun depan semua fakultas juga dapat menghimpun dana zakatnya, sehingga terkumpul dana yang besar, sehingga semakin banyak pula masyarakat sekitar kampus yang dapat menerima zakat.”

M.F. Hidayatullah, Ketua program studi Manajemen Zakat dan Wakat (MZW) mengatakan, “Keberadaan UPZ bagi mahasiswa prodi MZW dan FEBI adalah bentuk ikhtiar kami untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait pengelolaan zakat. Bagaimana cara mengumpulkan, mengelola, dan mendistribusikan zakat fitrah. Kami juga menerima zakat maal (zakat harta kekayaan, di luar zakat fitrah) yang akan kami kelola secara produktif. Dana zakat diharapkan dapat membantu memberdayakan perekonomian masyarakat.” Hidayatullah selanjutnya menambahkan, “Apa lagi di FEBI terdapat Prodi Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah dan Akuntansi Syariah. Dana zakat maal dapat disalurkan ke mustahik (mereka yang berhak menerima zakat) dan pengelolaannya didampingi oleh mahasiswa ekonomi Syariah. Pencatatan laporan keuangan didampingi oleh mahasiswa Akuntansi Syariah. Kalau usaha sudah mulai berkembang, butuh tambahan pendanaan, dapat didamping mahasiswa  Perbanan Syariah. UPZ ini dapat menjadi laboarorium bagi semua prodi di FEBI dan IAIN Jember, untuk mengembangkan ekonomi Ummat.” Demikian Hidayatullah pungkasi paparannya.

Sementara itu Kepala Laboratorium FEBI, Bapak Toton Fanshurna, MEI, beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan ini, telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan mahasiswa pengelola UPZ, untuk memastikan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala. “Kami ingin pastikan tidak ada kendala dalam penghimpunan hingga penyaluran. Untuk itu, hal-hal teknis perlu kami kordinasikan dengan mahasiswa yang nanti banyak berperan dalam teknis penghimpunan dan penyaluran zakat ini.” Toton menambahkan, “Kami menerima zakat berupa uang tunai dan beras. Dana zakat kami masukkan ke amplop, sedang untuk bahan makanan pokok, yang berupa beras, kami buat perpaket berisi 5 Kg beras.”

“Kami sampaikan banyak terima kasih kepada semua yang mendukung kegiatan penghimpunan dan penyaluran zakat di UPZ ini,sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Kepada semua mahasiswa, bapak ibu dosen, dan karyawan yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menghimpun dan menyalurkan zakat mereka, juga kepada semua koordinator kelas, dan semua pengurus organisasi kemahasiswaan, sebagai ujung tombak pengumpulan zakat.” demikian disampaikan Bapak H. Roni, koordinator UPZ, di sela sela kegiatan penyaluran zakat.

Kegiatan penyaluran zakat diakhiri dengan pembagian zakat yang dilakukan oleh Rektor, dan wakil wakil rector serta dekan FEBI, dilanjutkan dengan pendistribusian zakat oleh mahasiswa pengurus UPZ kepada semua mustahik zakat. Semua mustahik diminta maju satu persatu untuk menerima zakat, dan berikutnya mereka dapat langsung meninggalkan AULA IAIN Jember. (mfh)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember Follow Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube