header-int

LAUNCING KAMPUNG ZAKAT 2

Jumat, 20 Mar 2020, 10:14:08 WIB - 117 View
Share
LAUNCING KAMPUNG ZAKAT 2

Sebagai upaya untuk menyatukan semangat para pengelola zakat se Jember, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember bersama para pimpinan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se Jember sebanyak 10 LAZ dan UPZ IAIN Jember berkolaborasi, mengadakan Launcing Kampung Zakat 2 yang berlokasi di Paluombo Sumbersalak Ledokombo Jember (11/03/2020). Kegiatan ini merupakan pengembangan dari kegiatan Kampung Zakat 1 yang berlokasi di Dusun Paceh, Desa Jambearum, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember yang sukses mengantarkan daerah tersebut menjadi lebih maju.

Kegiatan Kampung Zakat 2 ini merupakan kolaborasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember dengan BAZNAS Jember, Kemenag Jember, UPZ IAIN Jember, LAZ YDSF, LAZ AZKA al-Baitul Amien, LAZ Rizky, LAZ Yatim Mandiri, LAZ Nurul falah, LAZ BMH, LAZISNU, LAZ Nurul Hayat, dan LAZISMU. Masing-masing OPZ (Organisasi Pengelola Zakat) menyiapkan bantuan sembako serta berbagai kegiatan sesuai dengan kemampuan LAZ tersebut. YDSF membuat program satu rumah satu sarjana, UPZ IAIN Jember siap menerjunkan Mahasiswa Prodi Manajemen Zakat dan wakaf untuk magang dan mendampingi Kampung Zakat 2, demikian juga OPZ yang lain.

Dalam pidato pembukaannya, kepala kemenag Jember, Bapak Muhammad mengapresiasi kegiatan ini. “Saya mengucapkan selamat kepada semua pimpinan lembaga zakat di Jember yang sudah berkolaborasi untuk membangun dan meningkatkan kualitas kampung zakat 2 di Paluombo Sumbersalak Ledokombo Jember. Kami berharap semoga kegiatan ini suskses sebagaimana Kampung zakat 1”.

M.F. Hidayatullah, Ketua Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) mengingatkan pentingnya kegiatan Kampung Zakat, “Lembaga Zakat adalah lembaga social, yang sangat besar manfaatnya bagi warga Jember. Maka kegiatan Kampung Zakat 2 ini merupakan aksi nyata dari peran lembaga-lembaga zakat dalam membantu menyelesaikan berbagai persoalan di kampong/desa. Dengan kolaborasi berbagai lembaga zakat, maka diharapkan akan banyak kegiatan pemberdayaan yang dapat dilakukan, sehingga daerah Paluombo Sumberjambe ini segera maju.” M.F. Hidayatullah melanjutkan, “Bagi mahasiswa Mazawa, keterlibatan dalam Kampung Zakat 2 ini, sangat signifikan, sebagai aplikasi nyata dari materi perkuliahan Manajemen Zakat dan pelibatan mahasiwa secara  langsung dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh OPZ, baik BAZNAS dan LAZ se-Kabupaten Jember.”

Hadir dalam kegiatan ini Ketua-ketua LAZ se-Jember, Kepala Kantor Kemenag Jember, Bapak Muhammad, Perwakilan dari BAZNAS Jember, Ketua Komunitas Tanoker ibu Farha Ciciek, Direktur Kampung Zakat Jember Bapak H. Muhammad Muslim, Pejabat Pemerintah setempat, Ketua Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Jember, Bapak M.F. Hidayatullah, M.S.I. dan Kepala Laboratorium FEBI IAIN Jember Bapak Toton Fanshurna, serta mahasiswa Prodi Mazawa IAIN Jember.

Pelepasan delegasi UPZ IAIN Jember peserta Kampung Zakat 2 dilakukan oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Bapak Dr. Abdul Rokhim, MEI di Depan Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember. Selanjutnya berkumpul di Kementerian Agama Kab. Jember untuk bersama-sama dengan OPZ secara beriringan, menuju ke Lokasi Kampung Zakat 2 di Ledokombo Jember. (emefha)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube