header-int

MAHASISWA MAZAWA IAIN JEMBER PIMPIN FORUM NASIONAL MAZAWA

Senin, 30 Nov 2020, 14:04:33 WIB - 263 View
Share
MAHASISWA MAZAWA IAIN JEMBER PIMPIN FORUM NASIONAL MAZAWA

Meski pandemik covid masih belum reda, namun semangat untuk kolaborasi antar kampus dalam rangka menjaga semangat keilmuan mesti tetap dijaga. Untuk itu, Senin 23 November 2020, Noval Andika dan Dian Novita Rahmawati mengikuti Munas Mazawa ke-4 yang dilaksanakan di IAIN Parepare, Sulawesi Selatan. Noval Andika dan Dian Novita Rahmawati merupakan mahasiswa prodi Manajemen Zakat Wakaf (Mazawa) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Jember. Munas ini sendiri merupakan Munas Mazawa ke empat yang sudah digelar, setelah pada Munas yang pertama diselenggarakan di IAIN Jember tahun 2017 lalu kemudian di IAIN Tulungagung tahun 2018, dan dilanjutkan pada tahun 2019 bertempat di IAIN Bengkulu.

Munas atau sering disebut Kongres Besar Mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf (KBM-MAZAWA) merupakan forum tertinggi pada tataran HMPS/MHP/HMJ/HIMA Mazawa secara Nasional. Mengingat pentingnya kegiatan ini, meski pasih masa pandemic Musyawarah Nasional ini tetap dihadiri oleh beberapa kampus perguruan tinggi se-indonesia, yang di antara yang hadir adalah perwakilan dari UIN Sunan Ampel  (UINSA) Surabaya dan IAIN Jember. Peserta munas dengan tetap menjalankan protocol covid, mengikuti berbagai kegiatan dengan aktif, meski harus bermasker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan.

Dalam Munas ke empat ini, disamping dibahas isu-isu tentang zakat dan wakaf, zakat dan wakaf dimasa pandemic covid 19, juga akan diselenggarakan pemilihan Ketua Dewan Presedium Nasional Fornas Mazawa. Kegiatan Munas tahunan ini diawali dengan seminar nasional bertema “ Membincang Ziswaf Dan Resesi Ekonomi Indonesia di Era Pandemi” yang bertempat di aula IAIN Parepare dengan pemateri yang cukup handal dalam bidangnya, yaitu bapak Dr. M Nasri Hamag Najeb, S.H, M.Ag

Usai seminar nasional, serangkaian Munas Mazawa ke-4 dilanjutkan dengan meneruskan gagasan utama hadirin yang telah disepakati pada Munas pertama tahun 2017 di IAIN Jember, yaitu Sidang Tata Tertib yang dilaksanakan pada Kamis, 26 November 2020 yang bertempat di Ruang S103 gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare. Dan begitu juga dengan  Anggaran Dasar (AD) atau Anggaran Rumah Tangga (ART) yang dilaksanakan pada jumat, 27 November 2020 dengan tempat yang sama seperti Sidang tata tertib yang telah dilaksanakan sebelumnya. Pemilihan Presedium sidang nasional diikuti empat calon yaitu: Rohmatul Tri Hidayah (UINSA), Nanda Trisnawang Anggelista (UINSA), Noval Andika (IAIN JEMBER) dan Muchammad Chafidz Muchlisin. Setekah melewati proses pemilihan, terpilihlan Noval Andika dari IAIN JEMBER sebagai Ketua Dewan Presedium Nasional Fornas Mazawa yang di IAIN Parepare ini. (noval dan mfh, 28/11/2020)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube