header-int

PERKUAT JARINGAN, MAZAWA ADAKAN ZAKAT CAMP

Rabu, 17 Feb 2021, 16:31:05 WIB - 161 View
Share
PERKUAT JARINGAN, MAZAWA ADAKAN ZAKAT CAMP

Pada tanggal 4 - 6 Desember 2020, HMPS Mazawa (Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf) IAIN Jember  menyelenggarakan Zakat Camp. Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan ini, dikemas dalam bentuk PDKT atau keakraban antar mahasiswa MAZAWA IAIN Jember. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari kampus lain, di antaranya dari IAIN Ponorogo dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan Zakat Camp dilaksanakan di Yayasan Nurul Yaqin Panti Jember, dan diikuti oleh lebih dari 30 mahasiswa Mazawa. Di awal sambutannya, Ketua Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf  (Mazawa) IAIN Jember, M.F.Hidayatullah, M.S.I, menyampaikan apresiasi kepada HMPS Mazawa yang tetap menjaga semangat untuk meningkatkan kualitas. “Hanya yang berkualitas yang akan memenangkan kualitas. Masa pandemic pasti akan berakhir, meski kita tidak tahu sampai kapan. Namun aka nada saatnya ilmu kalian dibutuhkan. Manajemen Zakat diperlukan untuk mengelola zakat, dan saat itulah kalian, mahasiswa mazawa mesti siap untuk berkontribusi, berkhitmah untuk ummat. Hanya yang berkualitas yang akan memenangkan kompetisi.” Demikian paparan dan pesan pak M.F. Hidayatullah.

Dalam rangkaian kegiatan zakat camp, disamping out bond dalam rangka menjalin keakraban antar mahasiswa, kegiatan inti yang jadwalkan yaitu pemaparan profil organisasi pengelola zakat (OPZ) yang ada di Jember. Beberapa pemateri yang hadir yaitu, Bapak Dr. Fauzan Adhim  dari BAZNAS Jember, Bapak Khotib, pimpinan Yatim Mandiri Jember, Sekretaris LazisNU Jember, Azka al-Baitul Amien, dan UPZ IAIN Jember. Dalam paparannya, Bapak Fauzan memaparkan memberikan gambaran pengelolaan zakat di Jember serta memotivasi mahasiswa agar siap terjun membantu para mustahik dan mereka yang tidak mampu. “ummat sangat membutuhkan kalian. Untuk itu, tingkatkan kualitas adik-adik. Potensi dana zakat sangat besar, diperlukan SDM yang sesuai, Mazawa adalah jawabannya.”

Ketua HMPS Mazawa IAIN Jember, Noval Andika mengucapkan terima kasih kepada para nara sumber yang bersedia menyampaikan materi. “Sebagai ketua HMPS, kami akan senantiasa berupaya memberikan yang terbaik bagi mahasiswa Mazawa,” demikian yang dikatakan Noval di sela-sela kegiatan. Mengingat masih dalam masa pandemic covid 19, Noval juga mengingatkan, agar selama kegiatan berlangsung, peserta menjalankan protocol Kesehatan, dengan memakai masker dan jaga jarak, serta rajin cuci tangan. Selama tiga hari kegiatan, para peserta menjalani kehidupan layaknya di pesantren, shalat berjamaah, tinggal di bilik-bilik, dan makan dengan menu sederhana. Ini sengaja dipilih, sebagai upaya membiasakan hidup sederhana, serta meningkatkan ikatan persaudaraan di antara mahasiwa Mazawa. (emefha, FEBI IAIN Jember)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube