header-int

UPZ IAIN JEMBER IKUTI ZAKAT CAMP DI LEDOKOMBO JEMBER

Kamis, 05 Des 2019, 14:34:00 WIB - 70 View
Share
UPZ IAIN JEMBER IKUTI ZAKAT CAMP  DI LEDOKOMBO JEMBER

Sore itu (23/11/2019) di Pasar Lumpur Tanoker Ledokombo, BAZNAS bersama para pimpinan 10 Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Jember dan UPZ IAIN Jember pertama kalinya berkolaborasi mengadakan Zakat Camp. Lembaga yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu BAZNAS Jember, Kemenag Jember, UPZ IAIN Jember, LAZ YDSF, LAZ AZKA al-Baitul Amien, LAZ Rizky, LAZ Yatim Mandiri, LAZ Nurul falah, LAZ BMH, LAZISNU, LAZ Nurul Hayat, LAZISMU, dan ACT Global Wakaf. Masing-masing LAZ mengirimkan  sekitar 5 peserta, sementara UPZ IAIN Jember mengirimkan 10 mahasiswa dan 2 dosen pendamping. Selain untuk menyatukan langkah pengelolaan zakat, Zakat Camp juga bertujuan untuk saling mengenal dan mengenalkan profil antar LAZ. Semua peserta menginap di tenda yang telah mereka persiapkan, memasak bersama dan outbond.

Kegiatan ini, disamping untuk menjalin keakraban antar pengelola LAZ, dalam Zakat Camp ini juga diadakan kegiatan bakti social pada komunitas di sekitar Pasar Lumpur Ledokombo. Kegiatan baksos ini juga merupakan kegiatan awal dalam rangka mengawali kegiatan pada Kampung Zakat yang kedua. Kampong Zakat yang berlokasi di Dusun Paceh, Desa Jambearum pertama telah berjalan  sekitar 2 tahun.

Dalam pidato pembukaannya, Kepala Kementerian Agama Jember, Bapak Muhammad mengapresiasi kegiatan ini. “Saya mengucapkan selamat bagi para Pejuang Zakat. Potensi zakat di Jember sangat besar, dan selama ini belum tergali dengan maksimal. Saya berharap adanya Zakat Camp ini akan dapat meningkatkan sinergisitas antar lembaga zakat dan dapat meningkatkan penghimpunan dana zakat. Tentunya, semakin banyak dana zakat yang terkumpul, semakin banyak juga mustahik yang akan terbantu.“ Bapak Muhammad juga mengapresiasi keikut sertaan mahasiswa Manajemen Zakat dan Wakaf, “Saya senang melihat banyak mahasiswa yang terlibat. Tentu kalo muda-muda sudah aktif, insyallah lembaga zakat di Jember akan cepat berkembang.” Demikian Bapak Muhammad mengakhiri sambutannya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua-ketua LAZ se-Jember, Kepala Kantor Kemenag Jember, Bapak Muhammad, kepala BAZNAS Jember, Bapak Kiai H. Misbahus Salam, Ketua Komunitas Tanoker ibu Farha Ciciek, Ketua Kampung zakat Jember Bapak H. Muhammad Muslim,  Ketua Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf IAIN Jember, Bapak M.F. Hidayatullah, M.S.I. dan dosen IAIN Jember Bapak Roni Subhan.

Kaprodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Bapak M.F. Hidayatullah  mengingatkan pentingnya kegiatan  Zakat Camp, “Lembaga Zakat adalah lembaga social, yang sangat besar manfaatnya bagi warga Jember yang membutuhkan. Jangan sampai kegiatan social ini memunculkan friksi di antara LAZ. Untuk itu kegiatan Zakat camp ini menjadi penting. Bagi IAIN Jember, kegiatan ini cukup strategis, sebagai kegiatan tindak lanjut dari MoU (kerjasama red.) dengan LAZ-LAZ di Jember, serta upaya meningkatkan sinergisitas prodi Manajemen Zakat dan Wakaf dengan semua Lembaga Amil Zakat se Jember, serta melatih mahasiswa untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan-kegiatan sosial.” M.F. Hidayatullah  melanjutkan, “Apa lagi kami ingin menjadi Pusat Studi Zakat. Maka menjalin kerjasama dengan semua stakeholders menjadi keniscayaan. Alhamdulillah dalam kegiatan ini kami dapat menyertakan 10 mahasiswa.”

 Zakat Camp tahun 2019 ini merupakan kegiatan yang pertama diselenggarakan. Untuk Zakat Camp kedua pada tahun 2020 mendatang, LAZ Yatim Mandiri dan UPZ IAIN Jember dipercaya oleh para peserta Zakat Camp untuk menjadi penyelenggara. (emefha/febiiainjember)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube