header-int

UPZ (Unit Pengumpul Zakat) FEBI IAIN Jember Salurkan Zakat Fitrah

Sabtu, 25 Mei 2019, 00:39:50 WIB - 147 View
Share
UPZ (Unit Pengumpul Zakat)  FEBI IAIN Jember Salurkan Zakat Fitrah

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Jember, Jumat (24/5), menyalurkan zakat kepada masyarakat sekitar kampus. Total ada 102 masyarakat yang menerima zakat dari UPZ FEBI IAIN Jember.

Menurut Dekan FEBI, Khamdan Rifa’i, total zakat yang disalurkan jumlahnya mencapai Rp 25 juta lebih. “Jadi yang kita salurkan kepada masyarakat, ada yang bentuknya berupa uang, ada juga yang bentuknya kebutuhan pokok,” terangnya.

Zakat tersebut mayoritas dihimpun dari dosen, karyawan, serta mahasiwa yang berasal dari internal FEBI. “Ini tahun kedua kami menyalurkan zakat kepada masyarakat. Jadi, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa, dosen, dan karyawan yang ingin menyalurkan zakatnya, sekaligus memberikan pembelajaran secara nyata kepada mahasiswa terutama Program Studi Zakat dan Wakaf,” tambah Khamdan.

Kedepan, lanjut Khamdan, tidak hanya zakat fitrah yang akan disalurkan tetapi akan diupayakan juga zakat mal. “Jadi kami mohon doanya, agar kedepan tidak hanya zakat fitrah, tetapi kami juga bisa menyalurkan zakat mal,” harapnya. Selain UPZ, Dekan baru FEBI ini juga akan memacu beroperasinya unit pelayanan yang lain seperti pengumpul waqaf dan bank mini syriah di lingkungan FEBI IAIN Jember.

Sementara Rektor IAIN Jember, Babun Suharto, mengapresiasi kegiatan UPZ FEBI tersebut. Menurut dia, kegiatan semacam ini harus juga dilakukan oleh fakultas- fakultas lain di IAIN Jember. “Kita akan minta fakultas lain untuk melakukan hal yang sama, atau bahkan nantinya zakat seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan di semua fakultas bisa difasilitasi oleh UPZ Zakat ini,” katanya.

Babun  berharap, dengan kegiatan tersebut, tali silaturrahim warga dengan Kampus IAIN Jember, akan tetap terus terjaga. “Tentu kita berharap hubungan warga dengan kampus semakin baik, karena kami juga butuh dukungan dari warga sekitar,” pungkasnya. (Humas/ Nur Hidayat)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2019 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube